Halaman

29 Januari 2011

PENCEGAHAN CVS DARI PENGGUNA KOMPUTER

Bekerja di depan komputer dapat menundang masalah bagi kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul adalah Computer Vision Syndrome (CVS). Istilah ini digunakan untuk menguraikan berbagai gejala yang disebabkan penggunaan komputer dalam waktu yang lama. 
Gejala CVS terjadi karena otak dan mata memiliki reaksi berbeda saat membaca teks pada layar komputer, dengan teks yang sudah tercetak pada kertas. Karakter teks pada layar komputer terdiri dari beberapa titik kecil atau piksel. Mata tidak bisa dengan mudah memusatkan pada piksel, sehingga harus bekerja lebih keras untuk melihat layar dengan jelas.
Usaha yang terus-menerus untuk memfokuskan mata ke layar komputer, menyebabkan kelelahan dan rasa terbakar pada mata. Gejala CVS meliputi mata kering, sakit kepala sekitar mata, iritasi mata (mata merah), pandangan kabur, silau, pseudomyop, penglihatan juling, sakit leher dan bahu.
 
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi CVS, yaitu:
·         Atur area kerja Anda sehingga benda yang Anda butuhkan mudah diraih.
·         Sesuaikan pencahayaan atau atur posisi monitor, sehingga silau teratasi dan ada pencahayaan yang baik pada pekerjaan Anda.
·         Sesuaikan tempat kerja Anda sehingga Anda berada di tempat yang sesuai dengan komputer Anda. Penting menyesuaikan peralatan dengan kenyamanan Anda.
·         Kurangi sinar dari layar dengan menyesuaikan tingkat pencahayaan, sehingga pantulan layar sesedikit mungkin dan gunakan filter monitor.
·         Perbesar ukuran huruf (font) pada layar komputer. Posisikan monitor komputer sedemikian rupa sehingga layar monitor berada di bawah level mata. Letakkan bahan-bahan acuan sedekat mungkin ke layar monitor untuk mnegurangi gerakan kepala dan mata, serta perubahan akomodasi mata. Layar monitor harus dibersikan untuk mengurangi muatan elektrostatik.
·         Menggunakan air mata tiruan untuk mata kering atau mata yang iritasi.
·         Laporkan gejala dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan komputer pada pengawas Anda dan dokter. Jangan menunggu terapi dan atau bantuan untuk mengubah tempat kerja Anda.
·         Istirahat setiap 30 menit atau lebih, dengan berdiri atau mengerjakan pekerjaan lain. Sedikit peregangan akan dapat membantu. Ambil 30 detik untuk berhenti dan meregangkan atau menarik nafas dalam, dengan menutup mata, akan sangat efektif. Anda akan menyadari konsentrasi dan produktivitas Anda meningkat. Jangan lupa secara periodik tidak melihat layar berkedip.
·         Hubungi dokter mata atau praktisi kesehatan kerja jika masalah penglihatan menetap.
·         Bila Anda bekerja dengan komputer terus menerus, setiap dua jam istirahatlah selama 15 menit. Hal ini untuk memotong rantai kelelahan sehingga akan menambah kenyamanan lebih lama bagi pengguna komputer.
·         Pilih desain komputer dan lingkungan yang ergonomis, perhatikan pengaturan cahaya, dan lakukan tindakan pencegahan dan perawatan mata secara profesional dan teratur.

Dengan mengikuti petunjuk yang telah disampaikan, memakai komputer akan terasa lebih nyaman dan dapat bertahan lebih lama dalam bekerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar