Halaman

29 Januari 2011

JANGAN REMEHKAN TAOGE

Jangan remehkan fungsi taoge. Taoge itu lambang kesuburan. Sayuran taoge jenis apapun, baik taoge kacang hijau, taoge kedelai, maupun jenis taoge lainnya, mengandung banyak sekali khasiat senyawa fitokimia. Esterogen alami yang terdapat dalam taoge berfungsi sama dengan esterogen sintesis, tapi tanpa efek samping. Esterogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang dan susunan tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis).
Rajin makan taoge membantu wanita terhindar dari kanker panyudara, gangguan menjelang menstruasi, keluhan semburat panas, premenopause, dan gangguan akibat menopause.

Ketika biji-bijian dan kacang kacangan dikecambahkan, secara umum, kadar saponinnya menanjak 450 % .Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung, gara gara lemak darah melambung, dianjurkan lebih banyak menyantap taoge. Saponin dalam taoge akan menggelontor lemak jahat LDL  tanpa menggangu kandungan lemak baik HDL.

Taoge padat zat antioksidan kuat yang membentangi tubuh dari radikal bebas. Perlindungan ganda inilah yang menguatkan kesimpulan taoge merupakan sayuran yang membuat kita lahir kembali menjadi lebih muda.

Taoge kedelai kaya senyawa antikanke. Kerja genistin lebih efektif ketika benih kanker sudah mulai bersemi. Pada saat itu, genistin akan bekerja giat mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.

Anda selalu kembung setiap kali makan kacang-kacangan? Itu pertanda Anda sensitif terhadap oligosakarida. Guna mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge bisa jadi jalan keluar. Banyak serat dan air yang dapat mendorong pengurasan sampah dalam usus besar untuk menghindari benih kanker bersemi. Jika demikian faktanya, masihkah kita meremehkan taoge?.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, sekarang baru tahu aq tentang taoge,.. wah info yang berharga,..

    BalasHapus